Friday, October 21, 2016

Ngecamp di Gunung Munara

Update Biaya Pendakian Gunung Munara 1119 mdpl:
Tiket masuk : siang 5.000 / malam 10.000
Parkir motor : siang 5.000 / malam 10.000
Biaya kebersihan dan keamanan : 5.000

Pendakian Gunung Munara 1119 mdpl ini dilakukan pada bulan Maret. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang merupakan salah satu faktor menjadi ramainya situs Gunung Munara.

Transportasi dan rute menuju situs Gunung Munara.
Dari arah Jakarta bisa memilih lewat :
Lebak Bulus lurus – Ciputat lurus – Gaplek lurus – Bojogsari lurus – Parung lalu belok kanan ke – Ciseeng – Rumpin – Basecamp situs Munung Munara.
Dari arah Depok
Margonda lampu merah sebelum terminal belok kanan ke – Arif Rahman Hakim lampu merah belok kiri ke – Nusantara ketemu lampu merah belok kanan ke – Jl Raya Sawangan luruuuus terus lewat perempatan dtc - lurus ketemu pertigaan Parung Bingung ambil arah kiri ke Bojong Sari lurus terus ikutin jalan Raya Sawangan hingga ketemu lampu merah pertigaan Bojong Sari / Mc Donald belok kiri – lurusss terus ketemu Pasar Parung belok kanan – Ciseeng – Rumpin – Kampung Sawah – Situs Gunung Munara
(Dari teminal Depok sampai Pasar Parung bisa mengikuti angkot biru 03)               
Tanda ketika sudah dekat basecamp setelah melihat jembatan dengan sungai besar belok kiri lurus hingga ketemu sdn kampung sawah lalu belok kanan lurus mengikuti lapangan besar di kanan jalan nanti di pojok jalan akan terlihat gapura situs gunung munara disebelah kiri jalan.
 
Kondisi jalur pendakian :
-         Naik jam 20.00 sampai puncak jam 21.30. Turun jam 08.00 sampai bawah 08.50.
-         Kondisi jalur berupa tanah gambut yang licin.
-         Terdapat tebing batu sebelum puncak yang cukup tinggi.
-         Setiap pos terdapat warung.
-         Cuaca cerah sepanjang hari hanya mendung sebentar ketika berada di puncak.
Tips pendakian Gunung Munara :
-         Pakai sepatu hiking / boot karena track sangatlah kotor dan licin.
-         Udara cukup panas saat berada di jalur tidak seperti pendakian gunung umumnya.
-         Jika ingin mengecamp di puncak hanya cukup untuk 3 tenda tidak lebih. Sisanya bisa membuat tenda di goa dan bawah tebing.
-         Cukup membawa daypack untuk perjalanan satu hari.
 
Jalur trek menuju pos 1 masih landai, melalui jembatan, kemudian ada jalan melipir melewati ladang warga. Setelah ini trek mulai nanjak dengan trek tanah. Sekitar 30 menit berjalan, sampailah di pos 1 ( sebenarnya pos – posnya tidak begitu jelas juga sih..hehe ) kemudian jalan lagi 10 menit, sampailah di pos 2. Tidak lama berjalan sampailah kami di batu besar yang ternyata pos 3. Disini juga terdapat warung yang berjualan.
 
Di dekat pos 3 ini terdapat juga goa, yang konon Bung Karno sering bersemedi di dalam goa ini. Sekitar 5 menit berjalan naik melewati batu-batuan, sampailah di pos 4 yang juga merupakan puncak bayangan. Disini kita bisa coba untuk climbing menuju batu besar dengan menggunakan tali. Pemandangan dari atas batu besar ini sangat indah dengan bukit-bukit dan persawahan.
 
Untuk menuju puncak gunung Munara, kita melewati jalan landai ke kiri dari batu besar tadi, lalu dilanjutkan dengan trek tanah menanjak dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Kemudian dilanjutkan ke kiri jalan sudah landai dan sampailah di puncak gunung Munara. Disini lagi-lagi terdapat warung yang berjualan makanan dan minuman. Di puncak gunung munara terdapat bendera merah putih dan plang puncak gunung Munara. Perjalanan turun dari puncak menuju basecamp ditempuh sekitar 1 jam. 




1 comments: